Learning and Sharing Center

Membuat Web Apps Sederhana untuk Google Chrome

Bagi pengguna google chrome tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya web apps. Web apps adalah sebuah aplikasi yang berjalan didalam browser dan memiliki user interface yang interaktif, misalnya games, photo editor, pemutar video, dan lainnya. Selain apps ada juga yang namanya extension (atau pada Firefox dikenal dengan Add-Ons). (Web) apps berbeda dengan extension, extension mirip dengan apps tapi tidak memiliki user interface dan lebih fokus ke fiturnya.

Web Apps Google Chrome


Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang cara mudah membuat Web Apps untuk Google Chrome. Yang anda butuhkan adalah:
1. Browser Google Chrome (Wajib).
2. Text Editor seperti notepad, notepad++ dan lainnya. Disini saya menggunakan notepad++, text editor ini nantinya akan kita gunakan untuk menulis kode program json.
3. Sebuah icon berukuran 128 x 128 pixel, icon ini nantinya akan dijadikan ikon web apps kita.

Membuat Manifest

Sebelumnya buatlah sebuah folder kosong, letakkan di mana saja dan berinama WebApps. Kemudian buka text editor, dan buat atau kopi paste kode dibawah ini:

{

"name": "Idi Suwardi",

"description": "Learning and Sharing Center - Official Blog Of Idi Suwardi",

"version": "1.0",

"icons": {

"128": "128.png"

},

"app": {

"urls": [

"http://idisuwardi.blogspot.com/"

],

"launch": {

"web_url": "http://idisuwardi.blogspot.com/"

}

},

"permissions": [

"unlimitedStorage"

]

}

Ubah name, description, urls, dan web_url sesuai dengan kebutuhan. Simpan kode manifest diatas dengan nama manifest.json kedalam folder WebApps yang telah kita buat sebelumnya.

Nah, langkah selanjutnya adalah meletakkan icon yang telah kita buat sebelummnya ke dalam folder WebApps. Ingat ukuran ikon harus 128 x 128 pixel dan diberinama 128.png (sesuai dengan yang tertulis dalam manifest.json).



Setelah itu, lakukan packing untuk Web Apps yang telah kita buat dengan cara jalankan Google Chrome, buka Options dan masuk ke menu Extensions. Beri centang pada Developer mode dan klik tombol Load unpacked extension…, lalu telusuri dan pilih folder WebApps sebagai root directory dari apps Anda. Kalau berhasil, maka ikon apps akan langsung muncul pada daftar extensions seperti ini:


Oiy, Web apps yang kita buat itu belum terinstall ke browser, karena hanya di load dari folder WebApps tadi. Kalau Anda menghapus folder WebApps maka apps yang ada di browser juga akan menghilang. Untuk menginstalnya lansung Anda bisa mengklik tombol Pack extension… lalu pada bagian root directory klik tombol browse dan pilih lagi folder WebApps. Kalau berhasil, akan terbentuk sebuah file .crx. Drag file .crx ini ke Google Chrome atau Chromium untuk menginstalnya.

Bagi anda yang ingin mencoba web apps buatan saya, bisa download disini.
Oke, sekian dulu cara membuat Web Apps Sederhana untuk Google Chrome...Selamat Mencoba.
0 Comments for "Membuat Web Apps Sederhana untuk Google Chrome"

Back To Top