Learning and Sharing Center

J2ME - Gambar di Java

Pernahkan anda membuat program yang menggunakan gambar, misalkan anda ingin memasukkan gambar bacground atau program untuk mengambil gambar di JavaMe?. Berikut ini kode sedernaha untuk meletakkan gambar pada form di JavaMe.

Buatlah project baru dengan nama "gambar", dan buatlah file baru dengan nama "gambar", kemuadian copas kode dibawahi ini di file gambar tsb.

import java.io.IOException;
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
/**
 * @author idisuwardi.blogspot.com
 */
public class gambar extends MIDlet {
    Display layar;
    Form fm;
    Image im;
    ImageItem img1;
    public void startApp() {
        layar=Display.getDisplay(this);
        fm=new Form("Gambar");
        try {
            im = Image.createImage("/Blue 2hills.jpg");
            img1=new ImageItem("Gambar saya",im,ImageItem.LAYOUT_CENTER,"Gambar saya");
        } catch (Exception ex) {
            ex.printStackTrace();
        }
        fm.append(img1);
        layar.setCurrent(fm);
    }

    public void pauseApp() {
    }

    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
}


Kode dibawah ini menjelaskan mengenai pengambilan gambar didalam folder picture yang ada di mydokument. Gambar tersebut akan diberinama "Gambar saya" dengan deskripsi "Gambar saya".
Fungsi "try" disini untuk mengatasi error bila image tidak ditemukan.
try {
            im = Image.createImage("/Blue 2hills.jpg");
            img1=new ImageItem("Gambar saya",im,ImageItem.LAYOUT_CENTER,"Gambar saya");
        } catch (Exception ex) {
            ex.printStackTrace();
        }
ImageItem.LAYOUT_CENTER adalah untuk perataan gambar yang akan dimasukkan kedalam form. Coba kembangkan kode diatas misalnya menambahkan lebih dari 1 gambar di dalam form. Selamat mencoba.
Tag : Java
0 Comments for "J2ME - Gambar di Java"

Back To Top