Learning and Sharing Center

Belajar Fisika Lewat Genggaman


Seiring dengan perkembangan teknologi digital khususnya dunia perangkat mobile (handphone, smartphone, tablet dll), saat ini banyak sekali bermunculan aplikasi-aplikasi canggih untuk mendukung perangkat tersebut. Aplikasi-aplikasi ini bisa berbentuk permainan, tool dan utility.

Berikut ini saya akan membahas khusus aplikasi dibidang pendidikan Fisika. Apa itu Fisika? Fisika adalah sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu (http://id.wikipedia.org/wiki/Fisika). Bagi anda yang senang belajar Fisika, maka sangat perlu untuk mencoba aplikasi-aplikasi yang akan saya bahas dibawah ini. Oiya, aplikasi yang saya bahas hanya untuk Smartphone Android saja, untuk Smartphone yang lain akan menyusul pada pembahasan berikutnya.

Spesifikasi smartphone yang saya gunakan untuk mencoba aplikasi ini adalah:

  1. OS : Android 4.0.3 (ICS)
  2. Memory : 512 MB
  3. External : 2 GB

Note: Sebagian besar aplikasi dibawah ini adalah gratis dan berbahasa Inggris, untuk yang berbahasa Indonesia saat ini belum saya jumpai.

1. Physics Formula Calculator

Sesuai dengan namanya fungsi dari aplikasi ini adalah sebagai alat bantu untuk menghitung segala rumus-rumus fisika. Aplikasi ini sangat sederhana, namun memiliki grafis yang sangat menarik sehingga tidak bosa untuk digunakan.

Physics Formula Calculator membahas mengenai:

Mekanika Newtonian
Listrik dan Magnetisme
Mekanika Fluida
Thermal
Fisika Atom dan Nuklir
Gelombang dan Optik


Physics Formula Calculator sangat cocok untuk pelajar, mahasiswa dan pengajar yang ingin mendapatkan hasil hitungan yang cepat dan akurat. Physics Formula Calculator dapat anda download di play store dan gratis tentunya.






Unduh dari Play Store

2. Physics Cheat Sheets

Physics Cheat Sheets adalah ebook berbentuk aplikasi. Physics Cheat Sheets sangat bagus sebagai catatan pendukung. Banyak yang dibahas oleh aplikasi Physics Cheat Sheets ini, antara lainnya:

Menemukan Kecepatan, Percepatan, Grafik gerak, Newton, Katrol, Energi, Kepadatan, Tekanan, Pascal, Archimedes, Panas, Boyle, Charles dan masih banyak yang lainnya.





Unduh dari Play Store

3. Physics Quiz

Physics Quiz adalah permainan berbentuk kuis. Tentunya kuis ini hanya menampilkan soal-soal tentang fisika saja. Physics Quiz terdisi dari banyak soal dan memilika grafis yang sangat menarik. Ayo tes kemampuan kamu dengan menjawab seluruh pertanyaan yang ada di Physics Quiz ini. Metode permainannya adalah anda diminta untuk menjawab soal-soal pilihan berganda yang ditampilkan.




Unduh dari Play Store

Demikianlah 3 aplikasi yang sangat bermanfaat menurut saya untuk anda yang senang belajar fisika. Aplikasi ini akn sangat membantu anda untuk lebih memahami tentang fisika. Lain hari saya akan membahas aplikasi bermanfaat lainnya sehingga anda dapat belajar fisika lewat genggaman saja.
0 Comments for "Belajar Fisika Lewat Genggaman"

Back To Top